Senin, 03 Juni 2013

Hot News - Sosial



Si Miskin Semakin Miskin, Bukti Kesenjangan Sosial yang Semakin tak Terkendali.

Patokpicis, 02/5 (Arif dkk) Di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Wajak Desa Patokpicis berdasarkan pendataan terakhir ternyata masih ditemukan adanya kurang - lebih 25 unit rumah tidak layak huni yang ditempati keluarga miskin.

Lebih ironisnya lagi, beberapa unit rumah kondisinya sangat memprihatinkan dimana tiang dan dindingnya berupa kayu dan bambu serta berlantai tanah dan gelap.
Rumah keluarga miskin yang paling mengenaskan yakni Rumah Bapak Ngatemun Dusun Klakah RT.08/RW.02 yang mana rumah tidak layak huni ini jadi satu dengan kandang Kambing dan Ayam.

Demikian diungkapkan para Narasumber Arif Indrayanto dan Rofeq Mubarok ketika ditemui di Patokpicis kemaren Minggu (02/5), seraya menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan dan telah membuatkan laporan yang ditujukan kepada instansi terkait dengan harapan agar warga miskin yang memilki 25 unit rumah tidak layak huni tersebut secara bertahap mendapatkan bantuan pembangunan rumah layak huni dari pemerintah dan bantuan dari para dermawan.

Diakui, Arif bahwa 25 unit rumah yang kondisinya tidak layak huni tersebut adalah milik warga Patokpicis yang telah menempati rumah tidak layak huni tersebut lebih dari satu tahun serta warga tersebut juga telah memilki identitas diri atau KTP.

Khusus untuk mempercepat upaya rehabilitasi dari rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni sangat diharapkan adanya kepedulian warga, terutama warga yang mempunyai kemampuan dan para dermawan untuk secara ikhlas memberikan kepedulian atas nasib yang menimpa keluarga tidak mampu atau keluarga miskin yang berdomisili dilingkungan masing-masing.

Intinya, jangan hanya berharap adanya bantuan dari pemerintah, tetapi sudah saatnya pula warga setempat memberikan kepedulian, papar Arif.

Secara terpisah Kepala Desa Patokpicis, Seleman juga mengakui bahwa di desanya masih banyak ditemukan rumah tidak layak huni yang masih sangat membutuhkan uluran tangan berbagai pihak.

Rumah layak huni sebenarnya adalah kebutuhan esensial atau kebutuhan pokok sebuah keluarga. Bila rumah layak huni telah ada maka dipastikan keluarga miskin akan secara perlahan-lahan akan mampu meningkatkan perekonomiannya dan sekaligus mampu meningkatan kesejahteraan keluarga.

Bila rumah layak huni telah dimiliki, maka si miskin akan merasa terbebas dari belenggu kesengsaraan dan biasanya pemilik rumah layak huni akan semakin giat berusaha. Bahkan keberadaan rumah layak huni juga akan semakin memperbaiki kondisi akhlak dan moral sebuah keluarga yang hidupnya akan tertata dengan keberadaan rumah layak huni, ujar Kepala Desa Patokpicis, menegaskan. 


http://www.facebook.com/patokpicis.bersinar.

Reporter       : Arif Indrayanto
Kameramen : Amidan Marwan
Editor            : Fibra Yohano

Bagi kawan-kawan yang ingin sharing, kritik, dan saran bisa menghubungi:


Telp          : 085 855 891 614 (Indosat)
Facebook : http://www.facebook.com/patokpicis.bersinar
Email        : Patokpicis@gmail.com



2 komentar:

Arwan mengatakan...

Mas, rekening piro? Alhamdulillah iki ono rejeki... :)

Patokpicis Bersinar mengatakan...

Sms bro, 085 855 891 614